Senin, 15 Agustus 2011

BEGINILAH PENILAIAN ORANG TERHADAP ORANG LAIN

Dalam hidup kita tak pernah lepas dari penilaian orang lain tentang diri kita, jika kita berbuat baik atau mengajak kepada kebaikan kita sering dikatakan sok alim, sok suci, sok benar dan lain sebagainya. Jika kita melakukan keburukan orang akan mencela, menghujat, mencaci dan lain sebagainya. Begitulah kita selalu serba salah dihadapan orang lain, tapi itu tak jadi masalah karena yang terpenting bagaimana penilaian Allah Swt terhadap kita.

Pernah aku mendengar suatu kisah yang mungkin kalian juga pernah mendengarnya tentang penilaian orang terhadap orang lain, dan semua yang dilakukan serba salah di mata orang lain, kisah ini tentang Lukmanul Hakim anaknya dan keledai

Suatu hari sang bapak, anak dan keledainya pergi, si anak naik di atas keledai dan si bapak menuntunnya, ditengah perjalanan mereka bertemu orang lain, lalu orang itu berkata: "Dasar anak kurang ajar enak-enakan naik keledai sedangkan bapaknya berjalan menuntun keledai". Mendengar perkataan orang itu akhirnya mereka berpindah tempat melanjutkan perjalanan, si bapak yang menaiki keledai dan si anak yang menuntunnya, ditengah perjalanan mereka bertemu orang lain, lalu orang itu berkata: "Dasar bapak tidak sayang sama anaknya enak-enakan naik keledai sedangkan anaknya berjalan menuntun keledai". Mendengar perkataan orang itu akhirnya mereka berdua naik keledai dan melanjutkan perjalanan, ditengah perjalanan mereka bertemu kembali dengan orang lain yang berkata: "Dasar bapak sama anak tidak punya rasa kasihan, keledai kecil dinaiki berdua". Mendengar perkataan orang itu akhirnya mereka berdua berjalan sambil menuntun keledai, ditengah perjalanan mereka pun bertemu kembali dengan orang lain yang berkata: "Bagaimana tuh bapak sama anak, bawa keledai bukannya dinaiki malah dituntun". Setelah empat kali mendengar perkataan orang lain si bapak berkata kepada anaknya: "Beginilah nak kalau kita selalu mendengarkan apa kata orang lain, kita tak pernah tau mana yang benar dan mana yang salah, semuanya salah"

Dari cerita tersebut kita bisa simpulkan bahwa penilaian orang lain hanya membuat kita menjadi serba salah, jadi selama yang kita lakukan benar di mata Allah Swt tak perlu kita hiraukan apa penilaian orang lain terhadap kita, terkecuali itu adalah sebuah kritikan yang dapat membuat kita untuk menjadi lebih baik lagi.

Dan kita sebagai seorang mukmin untuk selalu menjaga lisan sebagaimana sabda Rasulullah saw:
"Bukanlah orang mukmin orang yang selalu mencela mengutuk, berkata keji dan berkata kotor"
(HR Muslim)

**Bagi yang mau tag untuk sahabatnya atau untuk sendiri silahkan**


Tidak ada komentar:

Posting Komentar